FREE EBOOK

Selasa, 05 Juli 2011

tips ternak kenari

siapa yang gak kenal dengan burung mungil yang satu ini.....
pasti temen2 pecinta burung suka ya,,,,, KENARI namanya...
burung imut, lucu, bersuara lembut dan banyak pilihan warnanya,,, (hehehe ky cat kaleng ajh)
berikut ada beberapa tips cara pelihara burung kenari :
simak y temen2, terus ksih komennnttt (tengkyuuuu)
(BILINGUAL;JAWA CAMPUR INDONESIA,xixixixi....?>@?#>$)

Biasane nek seng wedo wes siap nelur...seng lanang jg akan ngawini!
1. kandang bisa persegi panjang n kalo bisa ditempelkan pada dinging n disekitarnya dilingkari dengan kapur anti semut!, sekitar kandang harus terang -bisa diterangi lampu 5 watt- karena untuk mengusir nyamuk...!
2. terus..., sediakan tempat tuk bertelur (bisa beli di pasar burung) n sekalian serabutnya/serat (khusus untuk kenari) dan dipotong dg panjang 2 cm....penuhi tempat bertelur dengan serabut/serat itu...nanti kenari betina yng akan menata sendiri hingga membentuk lingkarang!
3. next...sediakan pakan tambahan: telur puyuh(rebus) dan sayuran (sawi putih, selada dll) agar membantu kenari betina to bertelur.
4. biasanya kalo memang jdoh, kenari betina akan segera bertelur. dalam beberapa hari (3-4 hari setelah dikawini). nah kalo sdh bertelur 2 biji..., kenari jantan harap dipisahkan dan dijauhkan agar suaranya tidak mengganggu yng betina. pakan tambahan terus diberi hingga kenari betina berhenti bertelur (biasanya hingga 3-4 telur) dan kalau sudah selesai bertelur...pakan tambahan tidak diberikan ...hanya juwawot saja!
5. selama pegengkraman..., pastikan kondisi pakan, minuman dan kebersihan kandang terjaga ....terlebih dari serangan semut....makanya sekitar kandang -ditembok- harus dikasih kapur anti semut (contoh: kapur bagus-anti semut).
6. bila situasinya mendukung n mujur..., telur akan menetas pd umur 15 hari... n kalo dah mulai menetas..., pakan tambahan (telur puyuh dan sayuran diberikan lagi)...! perawatan n pemberian pakan demikian terus berlanjut hingga kenari berumur 25-30 hari....! kalo perlu...kita bisa jga meloloh anakan kenari dengan jiting agar kenari bisa lulut....manutan!
7. kalo' dah berumur 25-30-an hari....anakan dah bisa makan sendiri...n saatnya sang ibu disendirikan n diberi perawatan yang baik (pakan terjamin dan penjemuran ...dimandikan)....dan dalam 5 hari....ia sudah siap to dikawinkan dengan proses yang sama lagi dengan di atas!
8.anakan laki'' biasanya (sepengalamanku) hanya ada satu ... itu bisa dilihat ketika umur sudah krng lebih 1-2 bln..., dimandikan n dijemur ... yng laki'' akan kelihatan ngriwiknya.....))
9. gitcuh maz....pengalamanku.....

·                  
o                nb:
1. tempat bertelur diletakkan di bagian atas pojok
2. bisa buka google n liat gambar tentang beternak kenari...menangkarkan kenari dll..!

Tidak ada komentar: